Manajemen Kinerja Bisnis

Eckerson (2006) Manajemen kinerja bisnis atau Business Performance Management (BPM) adalah sebuah pendekatan secara top down yang membantu pihak eksekutif memahami proses-proses yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan strategis dan kemudian mengukur efektivitas dari proses-proses tersebut untuk mencapai hasil yang diinginkan. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa social media marketing yang membantu mengelola dan mengoptimalkan pemasaran di media sosial. Dari kutipan tersebut, dapat disimpulkan bahwa BPM mengumpulkan proses-proses yang membantu perusahaan mengoptimalkan performa bisnisnya untuk menjamin tercapainya tujuan perusahaan.

Elemen yang paling penting di dalam Business Performance Management (Manajemen Kinerja Bisnis) adalah sebuah tool yang memungkinkan pengguna untuk memonitor dan menganalisis performa pada waktu yang tepat dan secara tepat melakukan tindakan yang dapat meningkatkan performa perusahaan, yaitu performance dashboard. Business Performance Management (Manajemen Kinerja Bisnis)yang juga merupakan performance dashboard berfungsi untuk membuat laporan dan analisis informasi, infrastruktur untuk mengumpulkan dan mengintegrasikan data dari bermacam-macam sumber. Kesimpulannya adalah kinerja bisnismerupakan komponen-komponen pengguna bisnis untuk mengakses dan menganalisis informasi dan mengetahui perkembangan dan mengoptimalkan performa mereka ke arah pencapaian tujuan strategis dan mampu bersaing dengan kompetitornya.

Kinerja merupakan gambaran mengenai sejauh mana keberhasilanatau kegagalan organisasi dalam menjalankan tugas dan fungsi pokoknyadalam rangka mewujudkan sasaran, tujuan, visi, dan misinya. Dengan katalain, kinerja merupakan prestasi yang dapat dicapai oleh organisasi dalamperiode tertentu.Kinerja mempunyai karakteristik tersendiri pada hal ini kinerja yang dimaksud adalah kinerja bisnis.

Business Performance Management (Manajemen Kinerja Bisnis) merupakan pendekatan yang mengubah strategi bisnis menjadi tindakan/aksi. Manajemen Kinerja Bisnis memiliki empat langkah proses, dimana proses-proses tersebut terbagi atas strategi dan pelaksanaan. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa social media marketing untuk membantu mengelola pemasaran di media sosial. Dapat disimpulkan bahwa BPM memiliki keunggulan dalam bidang pemenuhan kebutuhan strategi perusahaan dengan melakukan pengukuran terhadap proses-proses perusahaan.

Komentar